JENIS – JENIS FILE DOKUMEN

Pada tulisan kali ini kami membahas format-format dokumen yang selama ini dikenal dan digunakan untuk media pengolah kata pada perangkat lunak komputer, dimana file yang berformat dokumen ini pada umumnya apabila dibuka dengan aplikasi tertentu memiliki fungsi untuk menulis, edit tulisan, atau sekedar untuk membaca saja. Contohnya pada perangkat lunak Microsoft Word dapat membuka dan menyimpan file berformat *.doc dan *.docx.
Jenis-jenis format dokumen.

1. Portable Document Format (*.pdf)
PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.
Berkas PDF dapat dibuat secara spesifik agar dapat diakses oleh orang-orang dengan keterbatasan fisik. Format berkas PDF dapat dilengkapi dengan label (tag) XML, teks ekuivalen, perbesaran visual teks (magnifier), penambahan fasilitas audio/suara, dan sebagainya. Beberapa perangkat lunak kreator PDF seperti Adobe InDesign dapat secara otomatis membuat berkas PDF berlabel.
Berkas PDF dapat disandikan sehingga untuk dapat membuka atau mengeditnya diperlukan katakunci tertentu. Penyandian berkas PDF dilakukan dalam dua tingkat, yakni 40-bit dan 128-bit dengan menggunakan sistem sandi kompleks RC4 dan MD5. Berkas PDF juga dapat diberi pembatasan DRM untuk membatasi aktivitas penggandaan, penyuntingan, maupun pencetakan berkas tersebut.
Format dokumen PDF mengkombinasikan tiga teknologi:
• Sub-set dari pemrograman deskripsi halaman PostScript untuk menghasilkan tampilan dan grafik
• Sistem penempatan/pemindahan huruf untuk mengijinkan perpindahan huruf di dalam dokumen
• Sistem penyimpanan terstruktur untuk menempatkan dan mengkompresi elemen-elemen dokumen ke dalam satu berkas.

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Portable_Document_Format

2. Teks biasa (*.txt)
Berkas ASCII atau teks biasa (bahasa Inggris: ‘plain text’) dalam istilah komputer, adalah suatu jenis berkas komputer yang berupa teks tidak terformat. Lawan dari jenis berkas ini adalah teks berformat. Jenis berkas ini biasanya disunting dengan menggunakan editor teks. Berkas ini biasanya hanya mengandung teks-teks yang diformat dengan menggunakan pengkodean ASCII. Berkas ini hanya terdiri atas karakter, angka, tanda baca, tabulasi, dan karakter pemisah baris (carriage return). Dalam berkas ASCII, tidak ada pemformatan yang ekstensif seperti dalam dokumen Microsoft Word atau Rich Text Format, melainkan pemformatan yang digunakan hanyalah pemformatan standar yakni ASCII.
Dalam sistem operasi Windows, berkas ASCII ini dapat dibuat dengan menggunakan program Notepad atau editor teks lainnya. Jenis ekstensi yang digunakannya adalah .txt (default), .bat, .cmd, .ini, .inf, dan masih banyak lainnya. Sistem operasi lainnya juga mengimplementasikannya, tapi beberapa sistem operasi (utamanya adalah keluarga UNIX) tidak mengharuskan adanya ekstensi berkas seperti pada Windows. Normalnya, sebagian besar berkas dalam sistem operasi UNIX merupakan berkas ASCII, kecuali berkas yang dapat dieksekusi (program). Berkas ASCII umumnya digunakan sebagai berkas teks biasa, skrip, kode sumber sebuah program (source code sebuah bahasa pemrograman), berkas konfigurasi (terutama dalam keluarga sistem operasi UNIX), atau berkas teks lainnya. Bahkan, banyak juga orang yang membuat gambar dengan menggunakan berkas ASCII, yang sering disebut sebagai ASCII Art. Karena berkas ASCII mengandung teks yang tidak diformat, berkas tersebut dapat dipahami banyak sistem operasi, karena memang ASCII adalah sebuah standar internasional (Windows, Macintosh, dan UNIX mendukung sepenuhnya standar ini). Akibatnya, berkas tersebut dapat menjadi sangat berguna dalam rangka berbagi informasi antar platform atau aplikasi.
Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas_ASCII

3. Open Document Format Word Processing (*.odt)
Open Document Format atau dikenal juga sebagai Open Document atau ODF saja, merupakan file berformat XML yang digunakan sebagai standar format file terbuka pada aplikasi-aplikasi Perkantoran (Office Suite). Aplikasi tersebut diantaranya word processing, spreadsheet, presentation dan charts.
Untuk word processing ekstensi yang digunakan adalah (*.odt). Word processing odt ini mirip dengan doc ataupun docx, hanya saja odt gratis berbeda dengan doc ataupun docx yang berbayar. Open Office juga memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).
Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/OpenOffice.org_Writer

http://id.wikipedia.org/wiki/Open_Document_Format

http://en.wikipedia.org/wiki/Document_file_format

4. *.doc
Ekstensi doc permata kali muncul pada dokumen yang digunakan oleh pengolah kata WordPerfect yaitu pada tahun 1980. Doc merupakan singkatan dari dokumen , adalah sebuah ekstensi file yang digunakan pada dokumen pengolah kata biasanya digunakan pada Microsoft Word. Pada tahun 1990-an Microsoft memilih menggunakan ekstensi *.doc pada pengolah kata Microsoft Word.
File dengan ekstensi DOC bervariasi, pada versi Microsoft Word 97 dan 2003 masih menggunakan file dengan ekstensi *.doc, sedangkan pada Microsoft Word 2007 dan 2010 format dengan ekstensi *.doc di ganti dengan ekstensi docx.
File ekstensi *.doc merupakan ekstensi asli yang dihasilkan dari Microsoft Word tetapi file ekstensi ini tidak hanya dapat dibaca dan diedit dengan menggunakan pengolah kata Microsoft Word saja, tetapi pengolah kata lainnya juga dapat membaca dan membuatnya seperti, OpenOffice.org Writer, Google Docs, Apple Pages, dan AbiWord.
Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/DOC_(computing)

5. *.html
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan penjelajah web untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan penjelajah web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka surel ataupun dari PDA dan perangkat lunak lain yang memiliki kemampuan browser. Dengan menggunakan perintah-perintah HTML memungkinkan pengguna dapat melakukan tugas-tugas berikut:
• Menentukan ukuran dan alur tulisan.
• Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
• Membuat Pranala.
• Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
• Membuat form interaktif.
HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: TAMPIL TEBAL. Tanda digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut.
HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen-komponen struktur dan formating di dalam halaman web daripada menentukan penampilannya.Sedangkan penjelajah web digunakan untuk menginterpretasikan susunan halaman ke gaya built-in penjelajah web dengan menggunakan jenis tulisan, tab, warna, garis, dan perataan text yang dikehendaki ke komputer yang menampilkan halaman web.
Salah satu hal Penting tentang eksistensi HTML adalah tersedianya Lingua franca (bahasa Komunikasi) antar komputer dengan kemampuan berbeda. Pengguna Macintosh tidak dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat dalam pc berbasis Windows. Pengguna Microsoft Windows pun tidak akan dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat pada pengguna yang menggunakan Produk-produk Sun Microsystems. namun demikian pengguna-pengguna tersebut dapat melihat semua halaman web yang telah diformat dan berisi Grafika dan Pranala.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Htm

6. *.XLS :
File xls terkait dengan Microsoft Excel, dibuat oleh Microsoft Corporation. Biasa digunakan untuk memperhitungkan, mempresentasi data, menganalisa dll. Untuk membuka file format ini dapat menggunakan xlviewer atau open office. File jenis ini juga sangat rentan terinfeksi virus.
Sumber : http://zongvoc.wordpress.com/2011/02/13/format-dokumen/

7. *.LATEX :
Fitur – fitur yang ada pada latex didesain untuk memproduksi dokumentasi teknis dan ilmiah. Sehingga orang – orang yang mengunakan latex biasanhya berprofesi ilmuan, insinyur, matematikawan, dll. Pada awalnya Latex ditulis oleh Leslie Lamport awal 1980-an.
Sumber : http://zongvoc.wordpress.com/2011/02/13/format-dokumen/

8. *.PPT :
PPT (Power PoinT), digunakan untuk mempresentasikan laporan. Tekait dengan Microsoft Power Point, dengan menggunakan MsPPT ini presentasi menjadi lebih berkualitas karena didukung dengan sistem multimedia.
Sumber : http://zongvoc.wordpress.com/2011/02/13/format-dokumen/

9. *.MDB :
Digunakan untuk membuat suatu database dengan menggunakan Ms.Access.
Sumber : http://zongvoc.wordpress.com/2011/02/13/format-dokumen/

About these ads

  1. #1 by Rival maulana on July 25, 2013 - 4:44 AM

    Apa format file yg tidak dapat di sunting dengan software pengolah kata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: