Membangun Website dengan wordpress

Saat ini jika Anda melihat sebuah website dengan fitur-fitur canggih, jangan terburu-buru menganggap sang pembuatnya sudah bertahun-tahun menguasai bahasa pemrograman. Karena kenyataanya, bisa saja website tersebut dibangun tanpa kita perlu menguasai bahasa pemrograman sama sekali. Pembuat web tidak lagi identik dengan profesi programmer, bisa saja mereka sehari-harinya adalah pelajar, selebritis, ibu rumah tangga, dokter, dan profesi lain yang tidak langsung bergaul dengan kode-kode program rumit.

Karena itu, apapun latar belakang Anda, artikel ini dapat diikuti siapa saja yang ingin membangun “rumah maya” idaman, setidaknya memberikan pemahaman dasar yang dapat dikembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

WordPress

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan wordpress.com, sebuah website penyedia hosting blog, serupa dengan blogger.com atau multiply.com. kita dapat membuat sebuah blog dengan cepat dan mudah melalui layanan tersebut, tetapi kelemahannya adalah Anda harus melakukannya secara online, karena layanantersebut mengharuskan Anda login dan melakukan pengaturan langsung dari website tersebut.

Kehadiran CMS (Content Management System) seperti Joomla, Mambo, Drupal, dan lain-lain memudahkan Anda untuk membangun dan mencoba website pada computer anda terlebih dahulu sebagaimana layaknya programmer professional, tanpa harus terhubung dengan internet, tentunya dengan kondisi computer Anda tersedia web server.

Anda baru memerlukan koneksi internet untuk melakukan proses upload dan konfigurasi seperlunya setelah website selesai dan berjalan baik pada computer Anda. Dengan demikian, Anda memilki lebih banyak wktu untuk membuat sebuah website yang professional, tentunya juga dengan dukungan CMS yang digunakan. Salah satu CMS yang sederhana dan andal adalah WordPress, yang dapat di-download melalui website http://wordpress.org. Nah, ternyata WordPress juga merupakan CMS? Benar, layanan blog hosting http://wordpress.com yang dikenal di kalanagn blogger, menggunakan engine WordPress Multi-User (WordPress MU) yang mengizinkan eksistensi blog secara simultan di dalam sebuah instalasi (multi-blogging).

%d bloggers like this: