Graphic card pertama yang mendukung directx 11

Nih, gw dapet info dari sumber terpercaya bagi teman-teman yang ingin tau mengenai perkembangan graphic card kelas high end terbaru yang sekarang sudah mendukung directx versi 11, khususnya bagi kalian para gamer yang mau meng-upgrade PC kalian jadi lebih tangguh lagi dalam memainkan game-game kelas high end terbaru. Berbahagialah bagi anda para pendukung ATI yang kini merilis graphics card berbasis DX11 dengan kode nama Juniper yang ditujukan untuk segmen pasar mainstream. Apa saja hal baru yang ditawarkannya untuk dapat bersaing dalam segmen pasar ini?

Akhir kuartal 2009 kemarin nampaknya ATI tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk merengkuh pangsa pasar early adopter sebanyak mungkin dengan jajaran produk terbaru mereka, Evergreen Series. Sementara kubu NVIDIA masih mempersiapkan GT300 milik mereka yang masih belum cukup matang, ATI dengan gencar memperkenalkan produk-produk terbarunya. Tidak lama berselang setelah kemunculan 5870/5850 (High End/Cypress), kini ATI merilis seri 5770/5750 untuk pasar mainstream yang diharapkan dapat memberikan solusi grafis dengan rasio price performance yang menarik, karena selain kinerja, pada segmen pasar ini, harga juga menjadi faktor yang cukup menentukan.

Overview HD 5770
Dengan dipersenjatai 800Stream Processor (160*5), GDDR5 128-bit, serta frekuensi core dan memori masing-masing 850Mhz dan 1200 Mhz, HD 5770 memiliki daya komputasi sebesar 1.36 terraFLOPS. De ngan kemampuan teoritis sebesar itu, seharusnya graphics card ini memiliki perfoma yang hampir sama dengan pendahulunya satu generasi lalu yang menduduki segmen pasar high end, yaitu HD 4890. Dari segi arsitektur, graphics card ini menggunakan proses fabrikasi 40 nm yang sebelumnya telah teruji pada seri HD 4770 yang kemunculannya cukup     fenomenal dan sukses. Dengan penggu naan memori GDDR5 128-bit dan fabrikasi 40 nm, HD 5770 ini akan lebih hemat dalam hal konsumsi daya dan memiliki suhu operasi yang lebih dingin daripada graphics card generasi sebelumnya.

Feature HD 5770
Graphics card ini mendukung penuh feature DirectX 11 yang diterapkan pada Windows 7/Vista, dan tentu saja DirectX versi sebelumnya. Feature lain yang menarik dari HD 5770 adalah penggunaan teknologi Eyefinity yang memungkinkan pengguna untuk memasang 3 display sekaligus. Ini merupakan berita bagus bagi orang-orang yang sering beraktivitas de ngan menggunakan lebih dari satu monitor, juga bagi para penggemar multimedia dan game yang ingin merasakan sensasi baru dalam aplikasi-aplikasi favorit mereka. Untuk urusan output display sendiri, graphics card ini menyediakan dua port DVI, satu port HDMI, dan satu DisplayPort.

DirectX 11
Feature utama yang menjadi keunggulan terbesar keluarga chip Evergreen Series milik ATI saat ini adalah dukungan penuh terhadap API terbaru dari Microsoft: DirectX 11. Berdasarkan informasi yang CHIP peroleh dari berbagai sumber, DirectX 11 menawarkan berbagai macam peningkatan dibanding pendahulunya. DirectX 11 menerapkan sejumlah feature grafis baru, seperti misalnya Shader Model 5 dan hardware tesselation yang menambah detail tampilan obyek-obyek dalam game, serta direct compute (versi 11) yang  selain pada aplikasi game juga dapat digunakan untuk parallel processing dengan memanfatkan GPU. Kini, dengan kemunculan HD 5770, para pengguna mainstream dapat turut bergembira menunggu datangnya aplikasi-aplikasi DirectX 11 tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: