Teknologi Media Console Game — HD-DVD

Game console saat ini tengah berada pada generasi yang ketujuh, yang diduduki oleh Xbox 360, Nintendo Wii, Playstation 3, dimana ketiganya menjadi pesaing tetap dari generasi sebelumnya hingga saat ini. Kualitas gambar, gameplay yang menarik, serta kenyamanan genggaman pad saat menekan tombol-tombol, kini menjadi kebutuhan mutlak bagi para pecinta game konsol (Console Gamer). Kenyamanan mata dalam melihat grafik 3D dan nuansa yang semakin realistis kini menjadi amat penting demi mencapai ‘greget’ dalam bermain game. Karena itu masing-masing console engine generasi sekarang ini berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah mesin hiburan yang benar-benar dapat memanjakan mata dan menghadirkan dunia nyata dengan menanamkan fitur-fitur yang tentunya membutuhkan teknologi medianya yang semakin canggih (High Definition).

Dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang teknologi game console, dilihat dari perkembangan media tempat menyimpan program permainannya. Dalam hal ini saya akan fokus pada media penyimpanan yang digunakan oleh console Xbox 360, yaitu dalam format HD DVD. Tulisan ini saya buat demi memenuhi tugas softskill mata kuliah “Pengantar Teknologi Game”. Tugas ini dibagi dalam beberapa kelompok, dimana dalam satu kelompok akan membahas satu tema yang sama (telah ditentukan) tetapi dari sisi, jenis, atau perangkat yang berbeda.


Tentang console Xbox 360

Xbox 360 merupakan sebuah konsol game generasi terkini yang pertama kali memanfaatkan media HD-DVD. Pada saat pengembangannya, Xbox 360 dikenal dengan nama Xenon atau Xbox 2 yang merupakan penerus konsol Xbox pertama milik Microsoft. Microsoft secara resmi memperkenalkannya pada 12 Mei 2005 dan informasi detil mengenai peluncuran dan macam-macam permainannya dibeberkan di akhir bulan yang sama dalam Expo Electronic Entertainment (E3). Xbox 360 merupakan produk pertama konsol game generasi terbaru dan akan bersaing dengan Sony PlayStation 3 dan Nintendo Wii. Xbox 360 merupakan konsol pertama yang dapat memutar film berformat HD-DVD dan juga konsol pertama yang menggunakan stikwireless. Fitur andalan yang dimiliki oleh Xbox 360 adalah grafisnya yang sangat realistis dan kemampuan onlinenya yang dikenal dengan sebutan Xbox Live yang ditawarkan oleh Microsoft. Bisa dibilang Xbox memang terlambat meluncur ke pasaran dibanding PlayStation 2 dan support game-game tenar juga masih sangat minim. Tetapi Microsoft seolah belajar dari kesalahannya. Pada saat Sony masih melakukan riset untuk konsol PlayStation 3 yang menggunakan Blu-Ray, Microsoft kali ini telah mengambil seribu langkah lebih cepat dalam menarik perhatian konsumen.

Perkembangan media konsol

Teknologi media konsol mengalami perkembangan yang amat pesat. Awalnya, saat pertama kali konsol game dibuat, masih menggunakan media yang berbentuk cartridge untuk memainkan gamenya. Berupa lempengan pcb yang ditanamkan beberapa IC (tempat informasi-informasi disimpan) yang dihubungkan dengan pin-pin agar dapat dibaca oleh cartridge reader pada konsol. Jadi, cara memasangnya hanya tinggal menancapkan cartridge tersebut ke dalam slot cartridge reader yang ada pada konsol. Kelebihannya, yaitu proses membaca data yang lumayan cepat, namun disamping itu memiliki kelemahan diantaranya bahan pcb yang mahal serta jika sering bergonta-ganti kaset (cabut-pasang) akan menyebabkan pin-pin pada cartridge tergores dan akhirnya sulit dibaca.

Setelah media catridge berperan cukup lama dalam dunia console engine, barulah media CD diperkenalkan lewat konsol perdananya yang bernama Panasonic 3DO yang dimulai pada tahun 1993. Karena kebutuhan kapasitas yang semakin tinggi, media game terus berevolusi dari cartridge yang begitu besar, menjadi media cakram yang tipis dan juga memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih besar. CD (Compact Disc) adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital. CD memiliki kapasitas 650-700 MB dalam menampung data dan dengan kecepatan 1,2 MB/s. CD memilki kelebihan, yaitu bahan dasarnya yang mudah diproduksi dan relatif murah serta kemampuan menampung data yang lebih besar dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Di samping itu ada kelemahannya juga, yaitu jika terlalu banyak goresan maka CD akan susah dibaca oleh optik dan memperpendek umur optik tersebut (jika sering dipaksakan). Konsol basis CD yang pertama kali menuai sukses adalah konsol buatan Jepang, Sony PlayStation.

Setelah media CD menjadi begitu populer dan pasar konsol dimenangkan oleh Sony PlayStation, munculah media yang lebih lebih besar lagi dalam hal kecepatan dan menampung banyaknya data, yaitu DVD (Digital Versatile Disc).  Lagi-lagi produsen Sony yang melanjutkan konsol nextgennya, PlayStation 2 yang menggunakan media DVD untuk menampung data setiap permainannya. Dibandingkan dengan CD, DVD memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 4,7 GB dengan dua layer (CD hanya satu layer) dan dengan kecepatan 11MB/s. Karena didukung kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi, gambar 3D yang dihasilkan oleh konsol ini lebih halus dan lebih hidup dibanding konsol sebelumnya. Serta kualitas suara yang dihasilkan pun lebih surround karena sudah berteknologi Dolby 5.1. Sehingga membuat para penggemar konsol game semakin memilih Sony sebagai video game rumahan yang lebih berkualitas. Sony semakin ’merajalela’ ketika mereka berhasil merilis konsol terbarunya ini, PlayStation 2, yang sudah berbasis DVD pada tahun 2000.

Media game terus berevolusi lagi dari DVD, terus berkembang menjadi HD-DVD. Pada saat Sony masih melakukan riset untuk konsol PlayStation 3 yang menggunakan Blu-Ray, Microsoft kali ini telah mengambil seribu langkah lebih cepat. Xbox 360, konsol generasi terkini yang memanfaatkan media HD-DVD meluncur pada November 2005 yang lalu (hingga saat ini).

Teknologi HD-DVD


Akhirnya, grafik 3D yang lebih smooth, realistis, persis seperti aslinya, dan didukung kualitas suround yang lebih ‘menggelegar’ dan lebih hidup, juga gameplay yang semakin realistis, suasana persis dalam kehidupan nyata, berhasil diciptakan oleh konsol dengan desain pertama berwarna putih dan tombol power yang besar berwarna hijau. membuat para gamer konsol betah untuk bermain berjam-jam di rumah. Kali ini Microsoft berhasil menghipnotis para gamer untuk mengalihkan perhatiannya kepada produk terbaru mereka yang mengedepankan sisi grafis. Mata para gamer seakan-akan dimanjakan olehnya. Dengan kapasitas yang lebih besar lagi dan kecepatan disc yang semakin tinggi, membuat Xbox 360 benar-benar memanfaatkan teknologi HD-DVD ini.

HD-DVD (High Definition DVD) dirancang untuk menggantikan format DVD, format cakram optik berkepadatan tinggi yang didesain untuk menyimpan data termasuk video high definition. HD DVD dapat menampung data sebanyak tiga kali data yang ditampung DVD (15 GB per lapis berbanding 4,7 GB). Standar HD DVD dikembangkan oleh Toshiba dan NEC. Pada 19 November 2003, DVD Forum turut mendukung HD DVD sebagai penerus standar high definition. Pada pertemuan tersebut disepakati untuk menggunakan nama HD-DVD yang sebelumnya dinamai AOD (Advanced Optical Disc). Di Consumer Electronics Show 2006, Microsoft mengumumkan bahwa akan ada perangkat eksternal tambahan berupa kandar HD DVD di konsol permainan Xbox 360, hal ini direalisasikan pada November 2006. Pada ajang tersebut, perusahaaan-perusahaan yang mendukung format HD DVD juga mengatakan bahwa akan ada 200 judul film akan tersedia pada akhir tahun. Sejak awal, HD DVD telah terlibat dalam “perang format” video berdefinisi tinggi dengan Blu-ray yang dikembangkan Sony. Setelah beberapa perusahaan film besar mulai mengakhiri dukungan terhadap format HD DVD ini pada awal 2008, pada 19 Februari 2008 Toshiba mengumumkan akan mengakhiri produksi dan pengembangan HD DVD sehingga secara langsung menyudahi perang format tersebut.

  1. #1 by yunus on March 4, 2010 - 11:21 PM

    mantap lah..lanjut gan !!!!!! ^^

    • #2 by Varian on March 4, 2010 - 11:26 PM

      Makasih bro.. Xd

  2. #3 by Ganar on March 4, 2010 - 6:44 PM

    Mantaff,,,
    LENGKAP

    • #4 by Varian on March 4, 2010 - 11:24 PM

      Thx om.. demi tugas ya dilengkap2in aje..😛

  3. #5 by necrovalley on March 4, 2010 - 3:31 PM

    PERTAMAX!!!

    Tetep kayak biasaaa, banyak beh!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: