Angkot Otomatis

Robot adalah suatu mesin yang secara otomatis dapat melakukan pekerjaan sendiri, dimana sebelumnya mesin robot ini sudah diprogram untuk menjalankan suatu pekerjaan. Pada perkembangannya, robot sudah mengalami kemajuan yang pesat. Robot dapat dimanfaatkan di segala bidang, mulai dari industri hingga militer. Robot merupakan suatu agen kecerdasan buatan yang diprogram untuk menerima input dari lingkungannya (persepsi) dan bertindak (aksi) sesuai dengan pengetahuan yang telah diberikan. Agent harus dijalankan pada suatu lingkungan fisik untuk memproduksi tujuan tertentu sesuai dengan yang ditugaskan padanya. Agent disini bersifat Autonomous, yaitu dapat mengembangkan dirinya sesuai dengan pengalaman yang telah diberikan penciptanya.

Pada artikel ini saya akan membahas satu ide dan pemikiran mengenai agen cerdas dalam ruang lingkup transportasi yang dapat memberikan pelayanan yang baik bagi para penumpang dan juga bagi kelancaran lalu lintas di jalan. Agen cerdas ini ialah “Angkot Otomatis”, dimana angkot (angkutan perkotaan) ini tidak memiliki wujud pengemudi secara fisik. Dengan kata lain angkot ini telah diprogram sedemikian rupa untuk dapat malaju maupun berhenti secara otomatis dalam satu rute perjalanan yang ditentukan. Mungkin yang tadinya penumpang harus berteriak “kiri bang!!” atau “stop sini bang!!” ketika ingin berhenti di suatu tempat, namun dengan adanya “Angkot Otomatis” ini penumpang hanya menekan tombol maka angkot akan langsung berhenti, tidak secara mendadak melainkan secara perlahan dengan menurunkan kecepatan mobil hingga benar-benar berhenti. Berikut deskripsi dari agen cerdas “Angkot Otomatis” ini :

Jadi dengan adanya sensor scanner, penumpang yang ingin naik “Ankot Otomatis” ini dengan melambaikan tangan dari jarak sekian meter ke arah scanner maka mobil akan berhenti menghampirinya. Angkot Otomatis ini juga dapat membaca keberadaan mobil lain sehingga ia tidak berhenti sembarangan. Kemudian ketika ada penumpang yang ingin turun di tempat tujuannya, dengan menekan tombol yang disediakan maka Angkot Otomatis akan memperlambat lajunya dan berhenti dengan baik sampai penumpang benar-benar turun. Monitor dan GPS diperlukan agar para penumpang dapat mengetahui dan melihat keberadaan angkot yang sedang berjalan dalam rute dan letak tempat tujuan. Rute yang dilewati angkot telah diprogram sebelumnya. Angkot Otomatis ini teteap memerlukan pengawas yang memonitoring sistem agar tidak terjadi kekacauan.

Teknologi sonar berfungsi sebagai deteksi kemacetan sehingga ia dapat menemukan solusi mencari jalan pintas yang bebas dari kemacetan dan mendeteksi keberadaan mobil-mobil lain yang dekat di sekitarnya sehingga tidak saling tabrakan. Ia dapat memberikan klakson secara otomatis sesuai kondisi lalu lintas dan juga dapat membaca rambu-rambu lalu lintas dan mentaatinya. Angkot Otomatis ini juga dapat memberitahu sisa bahan bakar dengan menampilkan indikatornya di layar monitor sehingga pengawas dapat segera mengisikan bahan bakar di pom bensin terdekat sesuai rute yang dilalui angkot.

Kurang lebih demikian pemikiran yang saya dapat tuangkan mengenai kecerdesan buatan pada agen “Angkot Otomatis” ini dengan harapan dapat dikembangkan kembali dan disempurnakan agar dapat menggantikan sistem perangkotan sekarang ini yang mungkin dinilai masyarakat merupakan salah satu penyebab kemacetan di jalan karena kerap kali berhenti sesuka hati pengemudinya demi mengejar setoran. Dengan konsep agen “Angkot Otomatis” ini yang memiliki kecerdasan buatan diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan para penumpang yang gemar naik angkutan umum pun semakin senang dan puas akan pelayanannya. Terimakasih semoga bermanfaat.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: