Kedatangan Obama ke Indonesia

Pada bulan november kemarin sempat merebak di berita media cetak maupun elektronik mengenai perihal kedatangan presiden amerika serikat ke-44 ke Indonesia, tak lain dan tak bukan ialah Barrack Obama. Menjadi pemberitaan yang menarik ditengah masyarakat Indonesia dikarenakan presiden amerika yang satu ini pernah sempat tinggal kurang lebih 4 tahun lamanya di Indonesia, tepatnya daerah Menteng, Jakarta. Kini yang masyarakat Indonesia tahu bahwa manusia yang pernah tinggal di Jakarta ini tengah menjadi pemimpin untuk negara superpower masa kini, yakni amerika Serikat.

Sebagai pemimpin negara  superpower di dunia, timbul harapan untuk bagaimana sekiranya Obama dapat memberikan warna baru bagi sikap amerika terhadap kehidupan dunia internasional. Sebab selama ini, sebelum era pemerintahannya, banyak sekali pembicaraan yang membahas tentang ketidakakuran amerika, terkhusus terhadap beberapa oknum kaum muslimin. Perpecahan perangan yang terjadi di negara-negara  seputaran jazirah arab, dapat kita amati tidak lepas dari sangkut paut amerika. Sebut saja Irak dan Afganistan, 2 negara  ini menjadi bulan-bulanan dari tragedi peperangan yang harus menghempaskan tak sedikit nyawa-nyawa yang tak berdosa.

Belum lagi jika kita berbicara mengenai Palestina, walau konflik yang ada ialah antara Palestina dan isr..l. Namun amerika serikat yang mempunyai kekuatan lebih diantara negara-negara dunia  justru hanya menjadi penonton seakan membiarkan perang antarkedua negara  tersebut terjadi begitu saja. Bukankah sudah semestinya amerika serikat menjadi penengah maupun memberikan alternative terbaik untuk penyelesaian konflik kedua negara  tersebut.  Aneh… jika yang lebih mempunyai kekuatan, begitu lemahnya tak mampu menggunakan kekuatan tersebut.

Kembali lagi perihal datangnya obama ke Indonesia. Menanyakan pengaruh atas kedatangan Obama mungkin dari sisi masyarakat kecil/mengengah kebawah. Obama tidaklah berarti apa-apa, sungguh tak satu bungkus nasipun diterima rakyat kecil Indonesia ketika Obama datang ke negeri ini. Begitu pun pengaruhnya bagi pemerintahan Indonesia, dengan pembicaraan yang telah dilakukan Obama dan presiden negeri ini, harus kita sadari itu hanya sekadar perkataan atau janji belaka. Apakah akan benar-benar terealisasi atau tidak, kita tidak akan tahu yang akan terjadi  kedepannya.

Dari sekian gambaran itu, satu hal terpenting yang mesti kita suarakan ialah tolong jagalah perdamaian antar negara dunia, khususnya terhadap dunia muslim.  Serta jangan sampai ada penjajahan-penjajahan secara terselubung yang sangat membujuk negara-negara kecil tetapi pada akhirnya harus menjerat negara tersebut dikarenakan tumpukan hutang maupun monopoli perekonomian yang semakin mejadi-jadi (terske..riokan). Mari bersama kita tumbuhkan rasa humanisme, junjung kebenaran, dan buang jauh-jauh sikap permusuhan dan ketidakadilan.

Sumber : http://septian99.wordpress.com/2010/11/14/apa-dan-bagaimana-pengaruh-kedatangan-obama-ke-indonesia/

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: