Dampak Euphoria Piala AFF terhadap Perekonomian Indonesia dalam Bidang Informatika

Piala Suzuki AFF 2010 telah berlangsung Desember lalu. Keberhasilan Tim Kesebelasan Nasional Indonesia melaju pada babak final Piala AFF 2010 yang mempertemukan dengan Tim Nasional Malaysia di Kuala Lumpur sesuatu yang sangat membahagiakan. Meskipun indonesia hanya menjadi runner up pada ajang piala AFF mungkin merupakan awal yang baik bagi persepakbolaan indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya ajang tersebut masyarakat indonesia makin mencintai timnas indonesia.

Animo masyarakat begitu tinggi untuk mengikuti jalan kompetisi ini, hal ini juga memberikan dampak terhadap perkembangan perekonomian Indonesia. Seperti, meningkatnya penjualan jersey timnas Indonesia, pernak-pernik pendukung Garuda (Julukan timnas Indonesia) yang didukung dengan semboyan “Garuda di dadaku”, serta omset penjualan tiket pertandingan.

Hal ini dapat dengan jelas terlihat dimana diadakannya sistem penjualan tiket online, meskipun hanya dikhususkan untuk kelas VVIP dan VIP. Namun hal ini menunjukkan bahwa Indonesia telah menerapkan kemajuan bidang infomatika untuk penjualan tiket. Hal ini akan ikut memajukan pemikiran orang Indonesia dimana terlihat kepraktisan yang didapat dari penjualan tiket sistem online. Ini dapat dikatakan sebagai salah satu kegiatan e-commerce dalam persepakbolaan.

Kemudian sarana internet khususnya sarana social networking menjadi tren baru dalam bidang informatika untuk advertising di Indonesia dimana ikut serta ambil bagian di euphoria Piala AFF. Terlihat dari salah satu produsen raksasa perlengkapan olah raga Nike yang menggunakan sarana twitter.com untuk memfasilitasi fans persepakbolaan memberikan tweet dukungan kepada timnas kebanggaannya yang akan ditampilkan oleh Nike di stadion tempat pertandingan berlangsung sebagai sebuah dukungan untuk timnas yang bertanding.

Euphoria ini juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna bisnis online untuk menarik konsumen dengan cara sederhana, misalnya saja memberikan secara cuma-cuma atau gratis jadwal pertandingan Piala AFF atau pernak-pernik Piala AFF yang berlisensi dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Contoh ketentuan itu bisa saja dengan diharuskan membeli produk dengan minimum order tertentu. Namun belum ditemukan contoh pada Piala AFF untuk kasus ini, tapi kasus ini pernah terjadi pada euphoria Piala Dunia.

Sumber : http://graphic-culture.blogspot.com/2011/01/dampak-euphoria-piala-aff-terhadap.html

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: